Kamis, 08 April 2010

KONSEP BIAYA PRODUKSI



Nama : SUGIANTO
NPM : 364 099 42
Kelas : 1 ID 05


BIAYA PRODUKSI


I. Pengertian Biaya produksi
Untuk menghasilkan produk baik berupa barang atau jasa diperlukan factor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, dan keahlian pengusaha. Semua faktor-faktor produksi yang dipakai adalah merupakan pengorbanan dari proses produksi dan juga berfungsi sebagai ukuran untuk menentukan harga pokok barang.
Menurut Sherman Rosyidi, biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha ,atau bisa diartikan biaya apa saja yang diperlukan untuk membuat suatu produk, baik berupa barang maupun jasa.
Biaya produksi dapat dibagi menjadi dua, yaitu
• Biaya eksplisit adalah pengeluaran-pengeluaran nyata dari kas perusahaan untuk membeli atau menyewa jasa-jasa faktor produksi yang dibutuhkan dalam berproduksi. Contoh: biaya tenaga kerja, sewa gedung,dll.
• Biaya implicit adalah biaya yang tidak terlihat.
Biaya implicit ini tidak dikeluarkan langsung dari kas perusahaan. Biaya implicit diperhitungkan dari faktor-faktor produksi yang dimiliki sendiri oleh perusahaan.
Contoh: Penggunaan gedung milik perusahaan sendiri.







Jenis-Jenis Biaya Produksi

a. Berdasarkan Periode Produksi
Periode produksi dalam perusahaan dibagi menjadi:
1. Biaya Jangka Pendek
1) Biaya Tetap (Fixed Cost, FC)
Biaya tetap adalah biaya yang timbul akibat penggunaan sumber daya tetap dalam proses produksi. Sifat utama biaya tetap adalah jumlahnya tidak berubah walaupun jumlah produksi mengalami perubahan (naik atau turun). Keseluruhan biaya tetap disebut biaya total (total fixed cost,TFC).











2) Biaya Variable (Variable Cost, VC)
Biaya variable atau sering disebut biaya variable total (total variable cost, TVC) adalah jumlah biaya produksi yang berubah menurut tinggi rendahnyajumlah output yang akan dihasilkan. Semakin besar output atau barang yang akan dihasilkan, maka akan semakin besar pula biaya variable yang akan dikeluarkan.










3) Biaya Total ( Total Cost, TC)
Biaya total adalah keseluruhan biaya yang terjadi pada produksi jangka pendek. Biaya total diperoleh dari :
TFC = Biaya tetap
TVC = Biaya variable



4) Biaya Rata-Rata
Biaya rata-rata terdiri dari:
a) Biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost, AFC) adalah hasil bagi antara biaya tetap total dan jumlah barang yang dihasilkan. Rumus AFC adalah
Keterangan:
TC = Total Cost
Q = Quantity
Besar kecilnya AFC tergantung dari jumlah barang yang dihasilkan. Artinya, jika barang yang dihasilkan semakin banyak, maka AFC akan semakin kecil (berbanding terbalik). Hal ini juga mengisyaratkan bahwa pada unit produksi yang banyak AFC akan terlihat besar, sedangkan pada unit produksi yang banyak AFC akan kecil jumlahnya. Kurva AFC bergerak dari sisi kiri atas kanan bawah.



b) Biaya variable rata-rata (Average Variable Cost, AVC) adalah biaya variable satuan unit produksi. Rumusnya:
keterangan:
TVC = total variable cost
Q = quantity
Kurva AVC akan menurun karena tergantung kepada besar kecilnya output (Q).


c) Biaya total rata-rata (Average Cost, AC)
adalah biaya persatuan unit output ( produksi)





5) Biaya Marginal (Marginal Cost, MC)
Biaya Marginal adalah perubahan biaya total akibat penambahan satu unit output (Q). Biaya marginal timbul akibat pertambahan satu unit output sehingga dapat dirumuskan:




Oleh karena tambahan produksi satu unit output tidak akan menambah atau mengurangi biaya produksi tetap (TFC), maka tambahan biaya marginal ini akan menambah biaya variable total (TVC).

2. Biaya Jangka Panjang
Jangka panjang dalam hal ini tidak terkait dengan waktu. Penyebutan jangka panjang oleh para ekonom menandai suatu proses produksi dimana sumber daya yang digunakan tidak ada lagi yang bersifat tetap. Semua sumber daya yang digunakan dalam proses produksi bersifat variable atau jumlahnya dapat berubah-ubah.
Produksi dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk mengubah skala produksi (tingkat produksi) dengan cara mengubah, baik mengubah maupun mengurangi jumlah sumberdaya. Hal ini tentu akan berdampak pada biaya yang ditimbulkan. Dalam jangka panjang hanya dikenal biaya total rata-rata (ATC).



b. Berdasarkan Biaya Total dan Biaya Rata-Rata
1) Biaya-Biaya Total
Terdiri dari :
 Total biaya tetap (TFC)
 Total biaya variable (TVC), dan
 Total biaya (TC).
Contoh:
Output
(1) TFC
(2) TVC
(3) TC
(4)
0 100 0 100
1 100 50 150
2 100 75 175
3 100 90 190
4 100 120 220
5 100 125 225

Bila digambarkan akan terlihat sebagai berikut



2) Biaya Rata-Rata
Merupakan biaya yang terjadi per satuan output. Baik biaya tetap, biaya variable, maupun biayatotal memiliki biaya rata-rata. Biaya rata-rata untuk biaya tetap adalah rata-rata biaya tetap (AFC), untuk biaya variable adalah rata-rata biaya variable (AVC), dan untuk biaya total adalah rata-rata biaya total (ATC).




II. Penerimaan

Untuk memperoleh keuntungan, produsen selalu membandingkan biaya produksi dengan penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan outputnya. Ada beberapa konsep penerimaan yang penting untuk keperluan analisis.
1. Total Penerimaan (Total Revenue. TR)
Merupakan penerimaan total produsen yang diperoleh dari hasil penjualn outputnya. Total penerimaan diperoleh dengan memperhitungkan output dikalikan harga jualnya.


2. Penerimaan Rata-Rata (Average Reveneu, AR)
Adalah penerimaan produsen per unit dari output yang dijualnya.


3. Penerimaan Marginal (Marginal Reveneu, MR)
Merupakan kenaikan dari total penerimaan yang disebabkan oleh tambahan penjualan satu unit output.








III. Analisis Untung ,Rugi
Dengan membandingkan Total Revenue (total penerimaan) dan Total Cost,(total biaya yang sudah dikeluarkan) maka ada 3 (tiga) kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:
1) Bila TR > TC suatu perusahaan akan memperoleh laba,atau keuntungan .
2) Bila TR = TC artinya akan diperoleh break event point (titik impas), yaitu suatu titik yang menggambarkan perusahaan tidak untung dan tidak rugi.biasa dipakai untuk dasar perhitungan harga jual barang dan prosentase keuntungan (profit margin)
3) Bila TR < TC suatu perusahaan akan mengalami kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar